Badan Intelijen Negara
<< November 2018 >>
MinSenSelRabKamJumSab
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930 
  • foto

    Solidaritas Pertemuan IMF-Bank Dunia untuk Bencana Alam di Indonesia

    Jakarta (9/10/2018)- Indonesia kembali mencuri perhatian dunia, untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah IMF World Bank Group Annual Meetings 2018 (IMF-WBG AM 2018) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 8-14 Oktober 2018 di Kawasan Nusa Dua, Bali. Pertemuan IMF-WBG AM 2018 mempunyai nilai strategis dan dapat dijadikan momentum bagi Indonesia sebagai middle-income country mampu menunjukkan kemajuan ekonomi dan kepemimpinan serta komitmen dalam penanganan isu-isu global. Di tengah persiapan penyelenggaraan perhelatan akbar tersebut, telah diwarnai dengan tragedi bencana alam dan tsunami yang menimpa daerah di Indonesia, khususnya Lombok dan Palu. Bencana gempa dan tsunami juga menjadi perhatian bersama penyelenggara baik dari pemerintah pusat maupun dari perwakilan IMF. Bentuk kepedulian ditunjukkan melalui aksi solidaritas terhadap bencana gempa yang diberi nama ‘Solidarity for Lombok’ tepat satu hari sebelum perhelatan dimulai.

Waspada Terhadap Peringatan Dini Cuaca

Jakarta (17/10/2018)-  Saat ini, cuaca di Indonesia sudah masuk ke musim penghujan. Beberapa wilayah yang ditengarai memiliki massa udara basah dengan tingkat konsentrasi rendah ditemukan di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi bagian Utara, Bengkulu, Banten bagian Selatan, Kalimatan Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua Daerah. Wilayah lainnya yang berpotensi memiliki indeks labilitas atmosfer sedang/kuat yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Selat Malaka, Bengkulu, Kalimantan Barat, Papua Barat dan Papua.

Menurut release resmi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Deputi Bidang Meteorologi, pada 17-18 Oktober 2018, mayoritas wilayah di Indonesia pada 17 Oktober 2018 berpotensi hujan lebat seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Papua Barat. Sementara, wilayah lainnya yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir adalah Kalimantan Barat dan Papua.  Sementara, pada keesokan harinya (18/10), wilayah yang akan mengalami hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku. Sebaliknya, di Kalimantan Barat, Sulawesi Utara dan Papua, berpotensi hujan lebat disertai dengan angin kencang dan kilat petir. 

Maka itu, disarankan kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan aktivitas di luar pada hari tersebut untuk lebih memperhatikan dan menyiapkan alat keselamatan diri seperti payung dan baju hangat agar selalu terhindar dari kondisi buruk. (*/Sumber Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)