Badan Intelijen Negara
<< September 2019 >>
MinSenSelRabKamJumSab
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930     
  • foto

    Pentingnya Pengelolaan Perbatasan Negara

    Mewujudkan Nawacita ke-3 yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, menjadi salah satu program prioritas pasangan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Upaya perwujudan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat yang ada di pelosok daerah, khususnya wilayah perbatasan negara, dalam hal pemenuhan rasa aman dan sejahtera.

Waspada Terhadap Peringatan Dini Cuaca

Jakarta (17/10/2018)-  Saat ini, cuaca di Indonesia sudah masuk ke musim penghujan. Beberapa wilayah yang ditengarai memiliki massa udara basah dengan tingkat konsentrasi rendah ditemukan di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi bagian Utara, Bengkulu, Banten bagian Selatan, Kalimatan Barat, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua Daerah. Wilayah lainnya yang berpotensi memiliki indeks labilitas atmosfer sedang/kuat yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Selat Malaka, Bengkulu, Kalimantan Barat, Papua Barat dan Papua.

Menurut release resmi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Deputi Bidang Meteorologi, pada 17-18 Oktober 2018, mayoritas wilayah di Indonesia pada 17 Oktober 2018 berpotensi hujan lebat seperti di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Papua Barat. Sementara, wilayah lainnya yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir adalah Kalimantan Barat dan Papua.  Sementara, pada keesokan harinya (18/10), wilayah yang akan mengalami hujan lebat adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku. Sebaliknya, di Kalimantan Barat, Sulawesi Utara dan Papua, berpotensi hujan lebat disertai dengan angin kencang dan kilat petir. 

Maka itu, disarankan kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan aktivitas di luar pada hari tersebut untuk lebih memperhatikan dan menyiapkan alat keselamatan diri seperti payung dan baju hangat agar selalu terhindar dari kondisi buruk. (*/Sumber Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika)