Badan Intelijen Negara
Berita Internasional
  • foto

    Bom Mobil Guncang Kantor Intelijen Irak

    Baghdad (23/8/2014)- Kantor Berita Aljazeera melaporkan bahwa situasi keamanan di Irak semakin mencekam, menyusul terjadinya serangan bom mobil bunuh diri terhadap Kantor Dinas Intelijen Irak, di Baghdad, Sabtu 23 Agustus 2014, yang mengakibatkan setidaknya 13 orang tewas dan 25 orang lainnya cedera. Seorang pelaku bom bunuh diri mengemudikan mobil sarat dengan bahan peledak, kemudian meledakkan diri di pintu masuk markas besar intelijen dalam negeri di persimpangan daerah Karadah, dengan target kantor intelijen dan kantor kepolisian pusat Irak.
  • foto

    Gerakan Separatisme di Xinjiang China

    Jakarta (5/8/2014) – Perlawanan terhadap kekuasaan Cina telah berlangsung sejak lama di Xinjiang. Saat ini, kebanyakan pemimpin perlawanan berada di pengasingan, antara lain di Turki, Jerman dan Amerika Serikat. Kebanyakan gerakan ini adalah gerakan kesukuan yang sekuler, walaupun terdapat beberapa gerakan yang berideologi Islam. Pemerintah Cina juga mengklaim terdapat gerakan terorisme internasional di Xinjiang, yang dituduh berkaitan dengan Gerakan Taliban di Afganistan. Menurut laporan pemerintah Cina pada tahun 2002, setidaknya 57 orang tewas akibat serangan teroris di Xinjiang.
  • foto

    Mengenal Lebih Dekat Badan Intelijen Perancis

    Badan intelijen menjadi kekuatan penting bagi keberadaan suatu negara, tidak terkecuali bagi Perancis yang mempunyai sejarah panjang transformasi sosial politik. Badan Intelijen Perancis terbagi menjadi dua satuan utama yaitu The Central Directorate of Interiori Intelligence (DCRI) bertugas mengurusi masalah domestik, dan Direction Generale De La Securite Exterieure (DGSE) mengurusi masalah luar negeri.
  • foto

    Mengenal Lebih Dekat Badan Intelijen Korea Selatan

    Republik Korea Selatan memiliki badan intelijen negara yang dikenal dengan nama National Intelligence Service (NIS). NIS mempunyai tugas utama menjaga keamanan nasional dan mengenalkan kepentingan nasional.
  • foto

    Mengenal Lebih Dekat Badan Intelijen Pakistan

    Badan Intelijen Pakistan dikenal dengan nama Inter-Services Intelligence(ISI). ISI merupakan lini terdepan pertahanan dan keamanan negara, yang personilnya terdiri dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara. ISI merupakan salah satu dari badan intelijen Pakistan yang ada, seperti Federal Investigation Agency (FIA), Intelligence Bureau (IB) dan Military Intelligence (MI). Berikut digambarkan profil ISI mulai dari sejarah, kewenangan, struktur dan organisasi sampai dengan metode serta operasi yang dilakukannya.
  • foto

    Mengenal Lebih Dekat Badan Intelijen Jerman

    BND yang merupakan singkatan dari Bundesnachrichendienst atau Federal Intelligence Service adalah badan intelijen luar negeri Republik Federal Jerman. Saat ini, BND menjadi pemain kunci dalam perekonomian, politik, kelompok pertahanan dan populasi yang semuanya berujung pada peningkatan kesejahteraan hidup Eropa.
  • foto

    Mengenal Lebih Dekat Badan Intelijen Cina

    Republik Rakyat Cina memiliki beberapa badan intelijen yaitu Ministry of Public Security (MPS/Departemen Keamanan Publik), Ministry of State Security (MSS/Departemen Keamanan Negara) dan The Military Intelligence Departement (MID/Departemen Intelijen Militer).