Badan Intelijen Negara
<< Maret 2019 >>
MinSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
  • foto

    Pentingnya Pengelolaan Perbatasan Negara

    Mewujudkan Nawacita ke-3 yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, menjadi salah satu program prioritas pasangan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Upaya perwujudan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat yang ada di pelosok daerah, khususnya wilayah perbatasan negara, dalam hal pemenuhan rasa aman dan sejahtera.

DWP BIN Gelar Seminar Kesehatan

Jakarta (5/2/2014)- Dharma Wanita Persatuan Badan Intelijen Negara (DWP BIN) menggelar pertemuan rutin dengan acara membahas masalah kesehatan, bertema “Tata Kelola Penyakit Hipertensi dan Diabetes Mellitus”, dengan narasumber Dra.Herlina Soemitro, Regional MarCommLaboratorium Klinik Prodia,dihadiri oleh Ketua DWP BIN, Triyana Maroef Sjamsoeddin, beserta segenap pengurus dan anggota DWP BIN, bertempat di Kantor DWP BIN, Komplek Kasatrian Soekarno Hatta, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Februari 2014.

Dra. Herlina Soemitro dalam ceramahnya menjelaskan bahwa penyebab diabetes berasal dari gangguan hormon insulin baik jumlahnya yang kurang ataupun tidak bisa bekerja dengan baik di tubuh. Gangguan hormon insulin mengakibatkan gula darah secara terus menerus menjadi tinggi berakibat pada kerusakan organ tubuh. Hormon insulin seharusnya dihasilkan di kelenjar pankreas, mempunyai fungsi dalam metabolisme, mengantarkan gula ke dalam sel otot agar bisa digunakan oleh tubuh berupa energi, apabila tidak berfungsi mengakibatkan tubuh menjadi lemas.

“Diabetes disebabkan faktor genetis maupun lingkungan. Diabetes mempunyai banyak tipe, baik tipe 1, 2 dan beberapa tipe yang lain. Tipe 1 disebabkan oleh pankreas yang rusak, dan kerusakan disebabkan oleh faktor keturunan. Diabetes tipe 2 diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat. Yang harus diwaspadai dari diabetes adalah komplikasi, seperti terjadinya radang atau tumor di pankreas, kerusakan ginjal, penurunan fungsi mata, gangguan syarat dan yang lebih parah bisa mengakibatkan koma”, terang Herlina Soemitro.

Herlina Soemitro berpesan untuk mengendalikan diabetes dimulai dari diri sendiri seperti menjaga pola makan, berolahraga atau beraktivitas rutin. Selain itu, diperlukan pemantauan berkala yang disertai dengan konsultasi dokter sebagai bentuk antisipasi mencegah penyakit diabetes. (*)