Badan Intelijen Negara
<< Oktober 2017 >>
MinSenSelRabKamJumSab
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031    
  • foto

    Indonesia Menjadi Tuan Rumah KTT IORA 2017

    Jakarta, (06/03/2017). Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA) yang digelar pada 5 hingga 7 Maret 2017 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

Presiden Joko Widodo Lantik Kepala BIN

Jakarta  (9/92016) - Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah Komisaris Jenderal Polisi Drs.Budi Gunawan, SH, M.Si,menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Letjen TNI (Purn) Sutiyoso, di Istana Negara Jakarta,  Jumat, 9 September 2016, pukul 17.45 WIB.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala BIN tersebut sejumlah pejabat tinggi negara serta petinggi TNI dan Polri hadir, diantaranya Mendagri Tjahjo Kumolo, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya, Menkes Nila F Moeloek, MenPAN RB Asman Abnur, Menteri KKP Susi Pudjianstuti, Kepala BIN yang akan diganti Sutiyoso dan isteri, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah, Wakil Ketua MK Anwar Usman, Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua DPD Irman Gusman, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, dan Waka BIN, Letjen TNI (Purn) Torry Djohar Banguntoro beserta pejabat Eselon I BIN.

Acara pelantikan diawali dengan pembacaan keputusan Presiden RI tentang pengangkatan Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala BIN. Setelah itu Presiden Jokowi mengambil sumpah.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945," ucap Budi Gunawan menirukan Presiden Joko Widodo.

Dalam sumpah itu, Komjen Budi Gunawan juga berjanji akan menjunjung tinggi HAM, demokrasi, supremasi hukum, obyektif, dan profesional; serta akan menjunjung tinggi kode etik intelijen negara di setiap tempat, waktu dan dalam keadaan bagaimana pun juga.

Selesai pembacaan sumpah, Komjen Budi Gunawan menandatangani berita acara pelantikan, dihadapan Presiden Joko Widodo yang juga ikut tanda tangan.Acara kemudian ditutup dengan lagu Indonesia Raya. Setelah itu Presiden Jokowi menyalami Komjen Budi Gunawan, dilanjutkan tamu undangan.

Paska pelantikan, Presiden Joko Widodo menaikkan pangkat Kepala BIN Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Jenderal Polisi. Kenaikan pangkat Budi Gunawan tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 67/POLRI/Tahun 2016. Keputusan Presiden RI ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan yakni Jumat, 9 September 2016. (*)