Badan Intelijen Negara
<< Oktober 2018 >>
MinSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
  • foto

    Solidaritas Pertemuan IMF Bank Dunia untuk Bencana Alam di Indonesia

    Jakarta (9/10/2018)- Indonesia kembali mencuri perhatian dunia, untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah IMF World Bank Group Annual Meetings 2018 (IMF-WBG AM 2018) yang akan dilaksanakan mulai tanggal 8-14 Oktober 2018 di Kawasan Nusa Dua, Bali. Pertemuan IMF-WBG AM 2018 mempunyai nilai strategis dan dapat dijadikan momentum bagi Indonesia sebagai middle-income country mampu menunjukkan kemajuan ekonomi dan kepemimpinan serta komitmen dalam penanganan isu-isu global. Di tengah persiapan penyelenggaraan perhelatan akbar tersebut, telah diwarnai dengan tragedi bencana alam dan tsunami yang menimpa daerah di Indonesia, khususnya Lombok dan Palu. Bencana gempa dan tsunami juga menjadi perhatian bersama penyelenggara baik dari pemerintah pusat maupun dari perwakilan IMF. Bentuk kepedulian ditunjukkan melalui aksi solidaritas terhadap bencana gempa yang diberi nama ‘Solidarity for Lombok’ tepat satu hari sebelum perhelatan dimulai.

Kepala BIN Raih Doktor Bidang Hukum

Jakarta (20/7/2018)-  Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal Pol. (Purn) Dr Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D berhasil  meraih gelar  akademik Ilmu Hukum Universitas Trisakti pada Sidang Terbuka Promosi Doktor dengan disertasi Peran Intelijen Negara Dalam Mendukung Penegakkan Hukum Terhadap Kejahatan Dunia Maya (Cybercrime) Guna Terwujudnya Keamanan Negara, acara berlangsung pada Senin, 25 Juni 2018 bertempat di Auditorium Gedung D lantai 8, Kampus A Universitas Trisakti, Jakarta.

Sidang Terbuka Promosi Doktor dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Trisakti Prof. Dr. Ali Gufron Mukti, Msc., PhD, yang didampingi oleh Direktur Program Doktor Ilmu Hukum Prof. Dr. Eriyantouw Wahid, SH, MH, sekaligus sebagai Promotor, Dr. Endyk M. Asror, SH, MH selaku Ko. Promotor, dengan penguji Prof. Dr. Itjang D. Gunawan, Ak., MBA, Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daehani, DEA, Prof. Dr. Bintan Saragih, SH, MH dan Dr. Endang Pandamdari, SH, CN , MH.

Turut hadir menyaksikan acara promosi Doktor Budi Gunawan, diantaranya Wakil Kepala BIN Letjen. (Purn)  TNI.Teddy Lahksmana didampingi dengan pejabat eselon I dan II lingkungan BIN, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari, Wakil Ketua Komisi I HA Hanafi Rais, Anggota DPR Fraksi PDIP Perjuangan Rieke Diah Pitaloka, Evita Nursanti dan pengamat hukum Yenti Ganarsih.

Di akhir Sidang Promosi Doktor, promovendus mendapatkan nilai Summa Cum laude, dan Budi Gunawan merupakan Doktor yang ke 107 yang diluluskan dari Universitas Trisakti dan menurut Rektor Trisakti, pemberian nilai Summa Cum Laude baru pertama kali diberikan di lingkungan civitas akademika Universitas Trisakti. 

Pasca sidang promosi Doktor, ucapan selamat serta tanggapan positif berdatangan dari seluruh undangan yang hadir, salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo, mengatakan melalui disertasinya, Kepala BIN ingin  memberdayakan peran intelijen, khususnya dalam penegakan hukum cybercrime yang selama ini belum maksimal. Caranya, melalui strategi dengan pendekatan sistem dan metode berteknologi tinggi, kemampuan SDM yang handal, serta pelibatan pemanfaatan produk intelijen dalam proses penegakan hukum maupun pelibatan secara langsung dalam penegakan hukum cybercrime. (*)