Badan Intelijen Negara
<< Maret 2019 >>
MinSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
  • foto

    Pentingnya Pengelolaan Perbatasan Negara

    Mewujudkan Nawacita ke-3 yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, menjadi salah satu program prioritas pasangan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Upaya perwujudan ini dilakukan sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat yang ada di pelosok daerah, khususnya wilayah perbatasan negara, dalam hal pemenuhan rasa aman dan sejahtera.

Kepala BIN Raih Doktor Bidang Hukum

Jakarta (20/7/2018)-  Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal Pol. (Purn) Dr Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D berhasil  meraih gelar  akademik Ilmu Hukum Universitas Trisakti pada Sidang Terbuka Promosi Doktor dengan disertasi Peran Intelijen Negara Dalam Mendukung Penegakkan Hukum Terhadap Kejahatan Dunia Maya (Cybercrime) Guna Terwujudnya Keamanan Negara, acara berlangsung pada Senin, 25 Juni 2018 bertempat di Auditorium Gedung D lantai 8, Kampus A Universitas Trisakti, Jakarta.

Sidang Terbuka Promosi Doktor dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Trisakti Prof. Dr. Ali Gufron Mukti, Msc., PhD, yang didampingi oleh Direktur Program Doktor Ilmu Hukum Prof. Dr. Eriyantouw Wahid, SH, MH, sekaligus sebagai Promotor, Dr. Endyk M. Asror, SH, MH selaku Ko. Promotor, dengan penguji Prof. Dr. Itjang D. Gunawan, Ak., MBA, Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daehani, DEA, Prof. Dr. Bintan Saragih, SH, MH dan Dr. Endang Pandamdari, SH, CN , MH.

Turut hadir menyaksikan acara promosi Doktor Budi Gunawan, diantaranya Wakil Kepala BIN Letjen. (Purn)  TNI.Teddy Lahksmana didampingi dengan pejabat eselon I dan II lingkungan BIN, Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, Ketua DPR Bambang Soesatyo, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari, Wakil Ketua Komisi I HA Hanafi Rais, Anggota DPR Fraksi PDIP Perjuangan Rieke Diah Pitaloka, Evita Nursanti dan pengamat hukum Yenti Ganarsih.

Di akhir Sidang Promosi Doktor, promovendus mendapatkan nilai Summa Cum laude, dan Budi Gunawan merupakan Doktor yang ke 107 yang diluluskan dari Universitas Trisakti dan menurut Rektor Trisakti, pemberian nilai Summa Cum Laude baru pertama kali diberikan di lingkungan civitas akademika Universitas Trisakti. 

Pasca sidang promosi Doktor, ucapan selamat serta tanggapan positif berdatangan dari seluruh undangan yang hadir, salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Bambang Soesatyo, mengatakan melalui disertasinya, Kepala BIN ingin  memberdayakan peran intelijen, khususnya dalam penegakan hukum cybercrime yang selama ini belum maksimal. Caranya, melalui strategi dengan pendekatan sistem dan metode berteknologi tinggi, kemampuan SDM yang handal, serta pelibatan pemanfaatan produk intelijen dalam proses penegakan hukum maupun pelibatan secara langsung dalam penegakan hukum cybercrime. (*)