Badan Intelijen Negara
Wawasan
  • foto

    Menyongsong 2014-2019 : Memperkuat Indonesia Dalam Dunia Yang Berubah

    Buku ini bermula dari gagasan dan, sekaligus, prakarsa dari Kepala Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN), Letnan Jenderal TNI (Purn) Marciano Norman, yang memandang perlu dibuatnya sebuah kajian forecasting atau prakiraan ke depan kondisi bangsa dan NKRI terkait permasalahan strategis yang diperkirakan terjadi dalam kurun waktu lima tahun ke depan (2014-2019), serta bagaimana langkah-langkah antisipasi dan pemecahannya.
  • foto

    Paradigma Baru Ancaman Intelijen Masa Kini

    Jakarta (19/11/2013) – Perkembangan dinamika dan lingkungan strategis mengakibatkan perubahan paradigma, sehingga spektrum ancaman bergeser dari ancaman bersifat non fisik berubah menjadi perang masa depan bersifat cyber war. Atas dasar itulah intelijen Indonesia harus menyesuaikan dengan bentuk dan sifat ancaman perang tersebut.
  • Merunut Kembali Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia

    Merunut Kembali Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Oleh: Prof Dr Dra MG Endang Sumiarni SH, Mhum* Jakarta (22/04/2013)- Kurun sebelum ‘kemerdekaan’ Indonesia (sebelum 17 Agustus 1945) belum ada Negara Kesatuan Republik Indonesia -- kawasan itu lazim disebut wilayah Nusantara. Batas-batas wilayah Nusantara itu tidak sama dengan batas-batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • foto

    Pembudayaan Pancasila

    Pancasila sebagai dasar negara sudah berumur lebih dari 67 tahun. Kualifikasi Pancasila sebagai dasar negara resmi tertuang di dalam Pembukaan UUD 1945. Sederetan data dan bukti sejarah sejak Pembukaan sidang pertama Dokuritsu Junbi Choosakai tanggal 29 Mei 1945 sampai disahkannya UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 menunjukkan asal-muasal atau tujuan bangsa Indonesia merumuskan Pancasila sebagai dasar negara tersebut.
  • Proyeksi Indonesia Menjadi Negara Maju dan Kuat 2030

    Proyeksi Indonesia menjadi negara maju dan kuat di abad 21 merupakan sebuah capaian atas Sustainable Growth and Development Program yang dicanangkan pemerintah. Perekonomian Indonesia di tahun 2045 diprediksi akan menjadi kuat, berkeadilan dan ramah lingkungan. Selain itu demokrasi menjadi lebih matang dan stabil dengan terbangunnya peradaban unggul, maju, produktif, inovatif dan berkelanjutan, serta harus utuh dan berjangka panjang.
  • Filosofi Garuda Pancasila

    Jakarta (26/11/2012)- Pada 17 Agustus 2012 lalu, bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekan RI ke-67. Di usia kemerdekaan yang hampir tujuh dasa warsa ini, banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami seutuhnya filosofi lambang Negara, Garuda Pancasila.
  • Membangun Celah Komunikasi dan Kesepahaman Antar Lembaga Pesantren Dalam Penguatan NKRI

    Jakarta (26/11/2012)- Posisi komunikasi seringkali disinggung sebagai sesuatu yang sentral untuk melakukan penguatan terhadap keberadaan NKRI. Banyak orang mempertimbangkan komunikasi memainkan peran signifikan dalam mencapai resolusi konflik, ketidakpercayaan, kecurigaan serta permusuhan yang terjadi di masyarakat.