Badan Intelijen Negara
Wawasan
  • foto

    Pembudayaan Pancasila

    Pancasila sebagai dasar negara sudah berumur lebih dari 67 tahun. Kualifikasi Pancasila sebagai dasar negara resmi tertuang di dalam Pembukaan UUD 1945. Sederetan data dan bukti sejarah sejak Pembukaan sidang pertama Dokuritsu Junbi Choosakai tanggal 29 Mei 1945 sampai disahkannya UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 menunjukkan asal-muasal atau tujuan bangsa Indonesia merumuskan Pancasila sebagai dasar negara tersebut.
  • Proyeksi Indonesia Menjadi Negara Maju dan Kuat 2030

    Proyeksi Indonesia menjadi negara maju dan kuat di abad 21 merupakan sebuah capaian atas Sustainable Growth and Development Program yang dicanangkan pemerintah. Perekonomian Indonesia di tahun 2045 diprediksi akan menjadi kuat, berkeadilan dan ramah lingkungan. Selain itu demokrasi menjadi lebih matang dan stabil dengan terbangunnya peradaban unggul, maju, produktif, inovatif dan berkelanjutan, serta harus utuh dan berjangka panjang.
  • Filosofi Garuda Pancasila

    Jakarta (26/11/2012)- Pada 17 Agustus 2012 lalu, bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekan RI ke-67. Di usia kemerdekaan yang hampir tujuh dasa warsa ini, banyak masyarakat Indonesia yang belum memahami seutuhnya filosofi lambang Negara, Garuda Pancasila.
  • Membangun Celah Komunikasi dan Kesepahaman Antar Lembaga Pesantren Dalam Penguatan NKRI

    Jakarta (26/11/2012)- Posisi komunikasi seringkali disinggung sebagai sesuatu yang sentral untuk melakukan penguatan terhadap keberadaan NKRI. Banyak orang mempertimbangkan komunikasi memainkan peran signifikan dalam mencapai resolusi konflik, ketidakpercayaan, kecurigaan serta permusuhan yang terjadi di masyarakat.
  • Prediksi dan Tantangan Sektor Pertanian Indonesia Tahun 2013

    Jakarta (29/10/2012) - Sektor pertanian nampaknya masih menjadi primadona perekonmian di Indonesia, meskipun telah terjadi transformasi struktur ekonomi, dimana perekonomian negara lebih ditopang pada sektor industri dan jasa. Selain dibutuhkan sebagai penyedia pangan nasional, sektor pertanian juga menyerap sebagian besar tenaga kerja. Pertanyaannya bagaimana situasi sektor pertanian pada tahun 2013?
  • Outlook Perbankan 2013

    Jakarta (29/10/2012) - Melambatnya perekonomian dunia telah mendorong pembaruan ekspansi moneter. Resesi yang masih berlanjut di wilayah Euro, ditambah lemahnya pemulihan ekonomi AS, dan perlambatan ekonomi negara berkembang, terutama China, telah berkontribusi kepada perlemahan ekonomi dunia.
  • Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Di Indonesia

    Jakarta (16/10/2012)- Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) merupakan salah satu pilihan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi nasional yang terus meningkat. Sedangkan pilihan yang lain, yakni pemanfaatan energi baru terbarukan, seperti tenaga panas bumi, tenaga angin, tenaga surya, tenaga air, biomassa dan hydrokinetic energy (pemanfaatan air laut untuk energi), yang sampai saat ini belum dioptimalkan.