Badan Intelijen Negara
Wawasan
  • Pesantren dan Peran Kekiniannya

    (Jakarta, 15/10/2012)- Realitas bangsa Indonesia menunjukkan pada 2 (dua) hal yang signifikan. Pertama, penyebaran penduduk Indonesia terkonsentrasi di daerah pedesaan. Kedua, mayoritas penduduk Indonesia terdiri dari komunitas muslim. Terkait dengan realitas diatas, maka berbicara tentang pemberdayaan masyarakat dalam konteks Indonesia, keberadaan dan peran pesantren tidak dapat dikesampingkan.
  • foto

    Hari Pangan Sedunia: Ancaman Krisis Dalam Kemandirian Pangan Indonesia

    (Jakarta, 16/10/2012)- Potret ancaman krisis dunia menghiasi peringatan Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Tahun 2012 ini, Hari Pangan Sedunia mengambil tema "Agricultural Cooperative: Key to Feeding the World". Di Indonesia dalam memperingati hari pangan tersebut mengangkat tema "Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani Menuju Kemandirian Pangan". Indonesia, seperti juga dengan negara lainnya, masih dihantui ancaman krisis pangan akibat kegagalan panen yang disebabkan perubahan iklim dan peningkatan jumlah penduduk dunia. Tema peringatan Hari Pangan Sedunia menyiratkan upaya untuk meningkatkan semangat mendorong kemandirian pangan melalui kemitraan pertanian. Pencapaian hasil target, bukan saja ditujukan pada kemandirian melainkan juga diarahkan pada terciptanya kedaulatan di bidang pangan.
  • Pemanfaatan Gas Bumi Dalam Negeri : Telaah Pembangunan Kilang LNG Donggi Senoro

    (Jakarta, 10/09/2012)- Salah satu komoditas unggulan Indonesia di sektor energi adalah gas. Potensi gas dalam negeri sebagai energi terbarukan sangat besar. Indonesia diklaim memiliki cadangan gas alam sebesar 2,8 triliun meter kubik pada akhir 2005, atau setara dengan 1,5 persen cadangan dunia.
  • Mewaspadai Tren Penuruan Kinerja Perdagangan Indonesia

    Kinerja perdagangan Indonesia tahun 2011-2012 mengalami penurunan, seiring dengan laju pertumbuhan perdagangan dunia yang diperkirakan terus menurun. Menurut data dari organisasi perdagangan dunia ( WTO), laju pertumbuhan perdagangan dunia pada 2011 hanya mencapai 5,0% atau menurun tajam dibanding 2010 yang mencapai 13,8%.
  • Paradigma Smart Intelligence : Intelijen Berbasis Kecerdasan

    Intelijen bukanlah sosok yang menyeramkan dan misterius. Sesuai dengan makna dasarnya “intelligent” adalah kecerdasan’. Seorang intelijen seharusnya adalah sosok yang cerdas dalam menjalankan tugasnya. Kecerdasan ini sangat diperlukan karena bidang tugas intelijen akan lebih banyak bertumpu pada analisis beragam informasi untuk memperoleh prediksi yang cepat dan akurat yang selanjutnya menjadi input penting pengambilan kebijakan ataupun dukungan kebijakan’
  • foto

    Jendela Baru Dunia Intelijen - Perlunya Pendekatan Ilmiah Dalam Memprediksi Ancaman Nasional

    Untuk memperoleh analisis yang akurat maka seorang intelijen pada dasarnya dituntut bekerja sesuai dengan norma-norma ilmiah. Prinsip ini sudah berlaku manakala seorang intelijen mulai melakukan pengumpulan data-data mentah, prosesing data mulai dari pengklasifikasian hingga penyaringan data yang reliable, hingga menciptakan produk intelijen berupa analisis yang komprehensif yang dapat memprediksikan suatu perkembangan secara tepat.
  • foto

    Satu klik yang mengubah hidup anda

    Sore itu sungguh cerah. Awal bulan, sebuah mall di Jakarta sungguh meriah. Duduk di sudut sebuah kafe, seorang pemuda sedang asyik dengan netbook-nya, di sisi kiri netbook bermerk itu terletak sebuah kotak kecil berwarna hitam. Ya, sebuah modem 3G yang juga berfungsi sebagai wi-fi access point. Suasana kafe yang cozy , menyebabkan pengunjung begitu asyik berlama-lama.