Badan Intelijen Negara
Wawasan
  • Prediksi dan Tantangan Sektor Pertanian Indonesia Tahun 2013

    Jakarta (29/10/2012) - Sektor pertanian nampaknya masih menjadi primadona perekonmian di Indonesia, meskipun telah terjadi transformasi struktur ekonomi, dimana perekonomian negara lebih ditopang pada sektor industri dan jasa. Selain dibutuhkan sebagai penyedia pangan nasional, sektor pertanian juga menyerap sebagian besar tenaga kerja. Pertanyaannya bagaimana situasi sektor pertanian pada tahun 2013?
  • Outlook Perbankan 2013

    Jakarta (29/10/2012) - Melambatnya perekonomian dunia telah mendorong pembaruan ekspansi moneter. Resesi yang masih berlanjut di wilayah Euro, ditambah lemahnya pemulihan ekonomi AS, dan perlambatan ekonomi negara berkembang, terutama China, telah berkontribusi kepada perlemahan ekonomi dunia.
  • Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Di Indonesia

    Jakarta (16/10/2012)- Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) merupakan salah satu pilihan dalam rangka memenuhi kebutuhan energi nasional yang terus meningkat. Sedangkan pilihan yang lain, yakni pemanfaatan energi baru terbarukan, seperti tenaga panas bumi, tenaga angin, tenaga surya, tenaga air, biomassa dan hydrokinetic energy (pemanfaatan air laut untuk energi), yang sampai saat ini belum dioptimalkan.
  • Pesantren dan Peran Kekiniannya

    (Jakarta, 15/10/2012)- Realitas bangsa Indonesia menunjukkan pada 2 (dua) hal yang signifikan. Pertama, penyebaran penduduk Indonesia terkonsentrasi di daerah pedesaan. Kedua, mayoritas penduduk Indonesia terdiri dari komunitas muslim. Terkait dengan realitas diatas, maka berbicara tentang pemberdayaan masyarakat dalam konteks Indonesia, keberadaan dan peran pesantren tidak dapat dikesampingkan.
  • foto

    Hari Pangan Sedunia: Ancaman Krisis Dalam Kemandirian Pangan Indonesia

    (Jakarta, 16/10/2012)- Potret ancaman krisis dunia menghiasi peringatan Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Tahun 2012 ini, Hari Pangan Sedunia mengambil tema "Agricultural Cooperative: Key to Feeding the World". Di Indonesia dalam memperingati hari pangan tersebut mengangkat tema "Agroindustri Berbasis Kemitraan Petani Menuju Kemandirian Pangan". Indonesia, seperti juga dengan negara lainnya, masih dihantui ancaman krisis pangan akibat kegagalan panen yang disebabkan perubahan iklim dan peningkatan jumlah penduduk dunia. Tema peringatan Hari Pangan Sedunia menyiratkan upaya untuk meningkatkan semangat mendorong kemandirian pangan melalui kemitraan pertanian. Pencapaian hasil target, bukan saja ditujukan pada kemandirian melainkan juga diarahkan pada terciptanya kedaulatan di bidang pangan.
  • Pemanfaatan Gas Bumi Dalam Negeri : Telaah Pembangunan Kilang LNG Donggi Senoro

    (Jakarta, 10/09/2012)- Salah satu komoditas unggulan Indonesia di sektor energi adalah gas. Potensi gas dalam negeri sebagai energi terbarukan sangat besar. Indonesia diklaim memiliki cadangan gas alam sebesar 2,8 triliun meter kubik pada akhir 2005, atau setara dengan 1,5 persen cadangan dunia.
  • Mewaspadai Tren Penuruan Kinerja Perdagangan Indonesia

    Kinerja perdagangan Indonesia tahun 2011-2012 mengalami penurunan, seiring dengan laju pertumbuhan perdagangan dunia yang diperkirakan terus menurun. Menurut data dari organisasi perdagangan dunia ( WTO), laju pertumbuhan perdagangan dunia pada 2011 hanya mencapai 5,0% atau menurun tajam dibanding 2010 yang mencapai 13,8%.