Waspada Peningkatan Potensi Cuaca Ekstrim Skala Luas Dalam Seminggu ke Depan

Jakarta (16/8/2021)- Fenomena dinamika atmosfer mengindikasi adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala luas di sekitar wilayah Indonesia dalam seminggu kedepan. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis dan prediksi dinamika gelombang atmosfer terkini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

BMKG mengidentifikasi adanya peningkatan potensi cuaca ekstrim atau disebut aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial. MJO dan Gelombang Rossby Ekuatorial. Sedangkan Fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudera Pasifik Fenomena MJO bergerak dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari ke arah Samudera Hindia dengan melewati wilayah Indonesia. Sama halnya seperti MJO, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia maka dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Selain itu, BMKG juga mengamati adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di perairan barat Sumatera Barat dan dari Riau hingga Sumatra Utara yang  dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Adanya kondisi-kondisi dinamika atmosfer tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan pada periode satu minggu kedepan di beberapa wilayah Indonesia.

Hujan dengan intensitas SEDANG-LEBAT dalam sepekan kedepan (15-20 Agustus 2021)  berpotensi terjadi di wilayah:

1. Aceh

2. Sumatra Utara

3. Riau

4. Kep. Riau

5. Sumatra Barat

6. Jambi

7. Bengkulu

8. Sumatra Selatan

9. Kep. Bangka Belitung

10. Banten

11. Jawa Barat

12. Jawa Tengah

13. Kalimantan Barat

14. Kalimantan Tengah

15. Kalimantan Timur

16. Kalimantan Utara

17. Kalimantan Selatan

18. Sulawesi Utara

19. Gorontalo

20. Sulawesi Tengah

21. Sulawesi Barat

22. Sulawesi Selatan

23. Sulawesi Tenggara

24. Maluku Utara

25. Maluku

26. Papua Barat

27. Papua

 

Sementara, untuk potensi bencana hidrometeorologi untuk 5 hari kedepan berupa banjir/ banjir bandang akibat hujan lebat berdasarkan hasil prediksi dari Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak atau Impact Based Forecast (IBF) dengan level SIAGA dapat terjadi di wilayah:

1. Riau

2. Sumatra Barat

3. Jambi

Informasi prakiraan cuaca berbasis dampak banjir/bandang hingga level kecamatan lebih detail dapat dilihat di laman https://signature.bmkg.go.id/ maupun apabila masyarakat ini  memperoleh informasi terkini, dapat langsung mengakses melalui berbagai kanal seperti website https://www.bmkg.go.id; follow IG/twitter/FB @infobmkg; aplikasi IOS dan android “Info BMKG” atau dapat langsung menghubungi call center (021) 196. (*/Disarikan dari laman BMKG)

.

 


Bagikan:

BERITA TERKAIT