Presiden Joko Widodo Tinjau Langsung Kegiatan Vaksinasi Door to Door BIN di Cirebon dan Kuningan

Cirebon (31/8/2021)- Vaksinasi door to door yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) kembali dilaksanakan dengan sasaran pelajar dan masyarakat.  Program vaksinasi  dengan target sebanyak 500 warga kampung Pengampaan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo. Selain di Cirebon, BIN juga melakukan kegiatan vaksinasi di Kuningan, Jawa Barat. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengatakan keberadaannya di Kampung Pengampaan, Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat tersebut untuk melakukan vaksinasi door to door. Kegiatan ini merupakan bentuk jemput bola agar pelayanan terhadap masyarakat dalam rangka vaksinasi dapat tercapai sesuai target

Presiden Joko Widodo juga mengapresiasi BIN atas kerja kerasnya dalam menyelenggarakan program vaksinasi door to door secara serentak. Selain itu, Presiden RI tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Cirebon atas dukungannya dalam kegiatan yang diselenggarakan saat ini. 

"Saya sangat mengapresiasi kerja keras BIN dalam hal vaksinasi door to door ini. Saya juga terima kasih kepada Pak Wali Kota dan Pak Gubernur yang telah memberikan bantuan penuh dalam program vaksinasi  ini,” ungkap Presiden Joko Widodo

Dalam kunjungannya, Presiden Joko Widodo juga  mengingatkan masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi yang tengah dijalankan oleh pemerintah dan tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Protokol kesehatan harus terus dilakukan secara disiplin dan masyarakat agar secepatnya ikut  program vaksinasi pemerintah,” tandas Presiden.

Dalam peninjauan kegiatan vaksinasi ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Kepala BIN Jenderal Pol (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis.

Perlu diketahui selain di Cirebon Jawa Barat, BIN  juga mengadakan program vaksinasi dan pembagian bantuan sosial (bansos) serta vitamin serentak di 10 Provinsi yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan. 

Usai meninjau langsung vaksinasi di Cirebon dan Kuningan, Presiden akan meninjau serta berdialog secara virtual dengan peserta vaksinasi di 9 Provinsi lainnya.

“Jika semua pelajar sudah divaksin, pembelajaran tatap muka bisa dilakukan dan yang  terpenting jangan lupa selalu pakai masker,” ujar Joko Widodo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BIN, Jenderal Polisi (P) Prof. Dr. Budi  Gunawan, S.H., M.Si mengatakan penyelenggaraan vaksinasi di Kuningan diadakan di dua lokasi, pertama di Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Falah, Cilowa Kramat Mulya, Kabupaten Kuningan dan lokasi kedua di Desa Sangkanurip. Sedangkan dua titik di Cirebon antara lain di Harjamukti dan SMAN 1 Beber dengan menargetkan 10.000 vaksin yang disediakan oleh Markas Besar (Mabes) BIN. 

Sedangkan total target sasaran peserta vaksinasi 30-31 Agustus 2021 sebanyak 57.700 orang. Khusus untuk Jawa Barat total sebanyak 10.000 orang. Selain itu, juga turut dibagikan bansos dan vitamin untuk warga masyarakat.

“BIN menggelar vaksinasi pelajar karena para pelajar merupakan generasi muda calon penerus pemimpin bangsa, sehingga vaksinasi terhadap anak-anak pelajar ini masih menjadi prioritas dan penting sekali. Disamping itu, vaksinasi secara door to door sangat efektif lantaran mampu menjangkau warga yang tinggal di pelosok-pelosok.

"Vaksinasi secara door to door sangat efektif karena menjangkau masyarakat yang tinggal di perumahan-perumahan padat penduduk, bahkan yang tinggal di daerah-daerah pelosok," papar Kepala BIN.

Kepala BIN juga memastikan pihaknya akan mengadakan vaksinasi lanjutan di daerah-daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19. Bahkan, beberapa diantaranya termasuk zona hitam penularan Covid-19.

"Kita pastikan spot-spot ini kita pilih karena lonjakan angka positif ratenya cukup tinggi dan sudah menjadi zona hitam atau merah," tutur Budi Gunawan.

Dalam kegiatan kali ini berikut daftar kota yang menjadi target. Jawa Barat meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan.

Jawa tengah terdiri dari Kabupaten Semarang, sedangkan DIY terdiri dari Kabupaten Bantul dan Kabupaten Sleman. Untuk Jawa Timur di Kabupaten Sidoarjo, Banten di Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang.

Di Sumatera, Provinsi Sumut di Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Sedangkan Sumbar di Kabupaten Pesisir Selatan. Riau dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Kampar.

Untuk Kaltim ada di Kota Balikpapan dan di Sulsel diadakan di Kab. Maros dan Kota Makassar. Sebelumnya pada Senin (30/8), telah dilakukan vaksinasi oleh BIN di Tangerang, Pandeglang serta Kabupaten Bekasi (*/.)

Bagikan:

BERITA TERKAIT