Bulan Ramadhan latih diri menjadi lebih baik

Jakarta - (24/6/2015) Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk mengevaluasi diri. Selain itu, puasa dapat meningkatkan rasa solidaritas untuk menjadi lebih baik. Demikian sambutan Kepala BIN, Marciano Norman, saat mengikuti kegiatan buka bersama keluarga besar Badan Intelijen Negara, di Masjid Baitul Akbar, Kesatrian Soekarno Hatta, Jakarta, 23 Juni 2015. 

"Proses evaluasi tersebut untuk mengukur kembali bagaimana menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya" ujar Marciano

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh KH. DR Othman Omar Shihab, Lc, dalam kultum jelang berbuka di depan keluarga besar Badan Intelijen Negara. Dosen tetap Madinatul Ilmi Depok itu mengatakan bahwa Puasa ramadhan dapat diibaratkan seperti training akbar, yakni upaya proses transformasi nilai nilai illahiah kepada diri manusia.

"Syariat puasa adalah melatih individu manusia untuk meninggalkan sifat sifat setan dan mentransformasi sifat illahiah kedalam dirinya. Sehingga manusia akan berakhlak mulia dan bermanfaat bagi sesama" kata Ustad Omar Shihab

Sifat ilahiah yang dapat dilatih diantaranya adalah kesabaran, kejujuran, ikhlas, kepedulian dan kasih sayang. Dengan mentransformasikan nilai nilai tersebut, diharapkan manusia dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi mahluk lainnya. Sehingga pada Idul Fitri, setiap individu manusia dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan ikhlas kepada Tuhan.

"Dalam Islam, Rasulullah SAW bersabda, "Khairunnas anfafuhum linnas", yang artinya, Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain. Ramadan ini adalah saat yang tepat untuk menjadi individu lebih baik"  Lanjut Ust. Omar Shihab.

Kepala BIN juga berharap proses evaluasi ini dapat menghadilkan individu yang aaling menghormati, peduli dan bertekad bersama menuju awal yang dicita citakan.

"Semoga puasa kali ini mendapatkan pagala yang semestinya. Selain itu, setiap individu dapat terlahir lebih baik untuk berbakti kepada bangsa dan negara" tambah Marciano Norman.

Kegiatan buka bersama yang diadakan oleh pengurus masjid Baitul Akbar bertujuan untuk membangun ukhuwah sesama keluarga besar BIN. Selain diikuti oleh pejabat eselon dan anggota BIN, buka bersama juga diikuti oleh masyarakat sekitar. (*)

Bagikan:

BERITA TERKAIT